Pages

Labels

Jumat, 05 Oktober 2012

Intel vs AMD


Prosesor adalah perangkat keras homputer yang memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Ada banyak Prosesor yang tersebar di dunia, tetapi kita akn membandingkan 2 Raksasa prosesor dunia yaitu Intel dan AMD

Intel Corporation

Sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di AS dan terkenal dengan produksi mikroprosesor dan mengkhususkan dalam sirkuit terpadu. Intel juga membuat kartu jaringan, chipset motherboard, dan komponen lainnya.

Beberapa produk Intel yang ada sampai sekarang










AMD (Advanced Micro Devices)

Sebuah perusahaan pembuat sirkuit terpadu, prosesor atau IC (Intergrated Circuit) Yang bermarkas di Sunnyvale, California, Amerika Serikat.

Produk-produk AMD:




Perbedaan, Keunggulan dan Kekurangan dalam Prosesor Intel dan AMD

  1. Set instruksi pada Intel adalah MMX, SSE, SSE2, dan SSE3. Tetapi pada AMD adalah SSE2 dan 3DNow. Sekian banyak set Instruksi yang ada di Intel sebetulnya telah ada pada 3DNow-nya AMD.
  2. L1 Pada Intel maksimal 32K, sedangkan pada AMD adalah 128K. Berdasarkan beberapa test LI 128K AMD lebih unggul dari Intel.
  3. Banyak Transistor dari Intel sebanyak 100Milyar sedangkan AMD 105Milyar
  4. Banyaknya Decoder, Integer, FP pada Intel leih sedikit dibanding AMD yang secara signifikan perbedaan tersebut meningkatkan kinerja dari AMD.
  5. Temperatur pada Intel dapat diatur oleh prosesornya sendiri (prosesor akan mengurangi kecepatan bila terlalu panas). Pada AMD 64 temperatur maksimum adalah 900C. Teknologi Intel lebih unggul dibandingkan AMD.
  6. AMD lebih unggul dalam pengolahan komunikasi aplikasi, seperti transfer data pada modem, ADSL, MP3, dan Doubly Digital Suround Sound.
  7. Pipeline pada Intel lebih panjang dari AMD, tetapi Pipeline Intel bermasalah pada pertukaran tugas, sehingga pipeline Intel kecepatannya melambat berada di bawah AMD.
  8. Intel menang di Brand Image dan Marketnya, sedangkan harganya lebih murah.

Perbandingan Kecepatan

Dari segi penggunaanya, perangkat keras yaitu prosesor ini bagian penting dari komputer yang berfungsi sebagai inti dari kinerja komputer ini sendiri dimana semakin besar memori dan semakin banyak prosesornya semakin cepat juga kinerja yang dihasilkan oleh prosesor itu sendiri.

Prosesor yang cepat dapat kita lihat dari core (inti prosesor) semakin banyak core yang digunakan pada prosesor semakin cepat juga kinerja komputer yang kita gunakan. Mengapa demikian, karena prosesor bekerja didalam aplikasi-aplikasi program atau game yang kita pakai semakin banyak aplikasi yang kita jalankan semakin banyak juga prosesor kita gunakan.


Kesimpulan


1. Untuk menggunakan prosesor Intel anda harus mengeluarkan banyak biaya apalagi dengan performanya tinggi yang di hasilkan oleh prosesor Intel yaitu Intel i7 dimandingkan dengan prosesor AMD anda tidak akan mengeluarkan banyak biaya dan performanya juga lumanyan bagus. Oleh karena itu utuk anda yang biayanya pas-pasan pilihlah prosesor AMD tapi kalau biaya yang anda punya lebih silahkan anda memilih prosesor Intel.

2. Prosesor Intel dan Prosesor AMD telah di uji performannya ternyata prosesor intel lah yang kuat dalam hal apapun sedangkan prosesor AMD hanyalah pilihan kedua anda.


3. Prosesor Intel lebih kuat dari porsesor AMD pada aplikasi multimedia, sebaliknya prosesor AMD menang dari prosesor Intel di gaming dan program 3D nya.

0 komentar:

Posting Komentar